Ketersedian Pupuk Bersubsidi dan Non Subsidi Di Kecamatan Jatisari Karawang Tercukupi

by

Beritajabar.net-Ketersediaan pupuk bersubsidi dan non subsidi  untuk para kelompok tani di Kecamatan Jatisari Karawang,terbilang aman. Tidak terjadi kekurangan atau kelangkaan pupuk. Baik pada saat musim tanam di musim rendeng  maupun musim gadu. Hal tersebut disampaikan Ketua Gabungan Kelompok Tani  (Gapoktan) Sri Tani Kecamatan Jatisri,H. Imron Rosadi kepada beritajabar.net, Sabtu (10/10/2020) dikediaman Desa Kalijati Kecamatan Jatisari.

Kelangkaan pupuk bersubsidi hanya terjadi  di kecamatan lain, di Kabupaten Karawang. Namun tidak terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi di wilayah 14 desa Kecamatan Jatisari. Pasalnya, semua para petani melakukan aktivitas penanaman padi  menggunakan pupuk berasal dari PT.Pupuk Kujang, baik urea maupun Phonska .

Imron menjelaskan , hamparan areal sawah pertanian di Kecamatan Jatisari sekitr 4600 hektar.  Tidak terjadi keluhan terhadap pupuk baik pada saat musim rendeng maupun musim gadu.

“Saya sebagai ketua Gapoktan Sri Tani Kecamatan Jatisari, Selama ini, tidak ada keluhan dari para kelompok tani (Poktan) di wilayah Kecamatan Jatisari. Terkait kebutuhan pupuk subsidi maupun non subsidi yag disalurkan melalui para petani yang mempunyak kartu tani,” ungkapnya

Ia juga menambahkan kebutuhan pupuk urea untuk satu hektar sawah sekiatar 2 kwintal. Sementara kebutuhan Phonska sekitar 3 kwintal. Dan itu semua terpenuhi semua untuk keperluan tanam padi di 14 desa di Kecamatan Jatisari.

“Bayangkan sekitar 5 kwintal perhektar kebutuhan pupuk. Kalikan saja 5 kwintal pupuk dengan kebutuhan 4600 hektar,berapa ribu tonase kebutuhan pupuk. Tapi semua itu tercukupi untuk produksi tanaman padi di Kecamatan Jatisari. Dan itu semua,  memakaii pupuk berasal dari produksi PT.Pupuk Kujang, baik urea maupun Phonska,”paparnya

Ia juga berharap kualitas pupuk berrsubsidi dan non subsidi produksi PT.Pupuk Kujang kualitasnya dipertahankan. Sebab pertumbuhan padi berkembang dengan bagus serta menghasilkan buliran padi lebih banyak lagi.

“Pertahankan kualitas pupuk baik urea maupun Phonska. Takaran sudah bagus, maka  hasil panen raya padi di Kecamatan Jatisari untuk saat ini memuaskan,”pungkasnya (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *