Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Memotivasi Kafilah MTQ Jabar Tingkat Nasional

by -311 views

Uu Ruzhanul Memotivasi Kafilah MTQ Jabar, Kafilah pun diminta terapkan protokol kesehatan dengan ketat selama lomba berlangsung

Beritajabar.net-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum memotivasi kafilah Jabar dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 di Fave Hotel, Kota Padang, Sabtu (14/11/20).

MTQ Tingkat Nasional tahun ini digelar di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 12 November 2020 sampai 21 November 2020.

Kang Uu mengatakan, ikhlas dan niat syiar agama harus dipegang teguh oleh kafilah Jabar.

“Supaya kita mendapatkan pahala. Hati kita harus mardhotillah, sabilillah, maka niatkan yang lurus untuk mendapat ridho Allah SWT dalam rangka meninggikan syiar-syiar agama Allah SWT,” kata Kang Uu.

Setelah menguatkan niat, kata Kang Uu, kafilah Jabar harus berusaha semaksimal mungkin. Ia pun mencontohkan usaha kafilah Jabar sudah dimulai sejak pembinaan. Kemudian, kafilah Jabar telah berlatih dan bekerja keras, serta memenuhi semua prosedur yang ditetapkan.

Kendati ditargetkan meraih juara umum, Kang Uu meminta kafilah Jabar untuk tetap tenang dan tampil tanpa beban. Jika target kafilah Jabar terbebani dengan target, maka akan sulit tampil maksimal.

“Saya tidak berharap adik-adikku terbebani sehingga segala sesuatu penuh kekakuan, ketegangan. Adik-adikku harus tampil dengan segala kemampuan. Tanpa beban. Rileks saja,” ucapnya.

“Harus tenang karena siapa yang juara sudah tercatat di lauhul mahfudz. Kita hanya menjemput takdir saja. Optimistis harus, tapi jangan jadi beban,” imbuhnya.

Kang Uu menyatakan, yang tak kalah penting, kafilah Jabar harus memiliki mental kuat. Sehebat apapun kemampuan kafilah Jabar, apabila mental tidak kuat, penampilan tidak akan maksimal.

“Tapi kalau mental kuat, segala kemampuan akan maksimal. Kalau grogi yang sudah disiapkan buyar, maka siapkan minimal mental. Mental bertanding harus siap,” katanya.

Selain itu, Kang Uu meminta kafilah Jabar untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, selama MTQ Tingkat Nasional XXVIII/2020 berlangsung.

“Suasana MTQ tahun ini berbeda karena sedang dalam suasana COVID-19. Karena itu, jaga benteng pertahanan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), jaga tidur, jaga makan. Pikiran jangan terganggu. Kalau ada waktu, sempatkan olahraga,” ucapnya.

Tak lupa, Kang Uu pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan MTQ Tingkat Nasional XXVIII/2020. Ia juga mengapresiasi kerja keras kafilah Jabar dalam mempersiapkan diri.

“Selamat melaksanakan kegiatan mudah-mudahan sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial, Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar yang juga Ketua Umum LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Jabar, Dewi Sartika, melaporkan bahwa kafilah Jabar dalam MTQ Tingkat Nasional XXVIII/2020 berjumlah 126 orang.

“Kafilah MTQ Jabar setiap tahun selalu mengikuti semua cabang lomba MTQ Nasional. Tahun ini pun demikian,” kata Dewi.

Ada tujuh lomba yang akan diikuti kafilah Jabar. Mulai dari Tilawah untuk remaja/ anak/ dewasa, Tahfidz Qur’an 1 Juz/ 5 Juz/ 10 Juz/ 20 Juz/ dan 30 Juz, Tafsir bahasa Arab/Indonesia/ Inggris, Syarhil Qur’an atau MSI semacam pidato/ceramah, Takmil Qur’an atau cerdas cermat, sampai cabang lomba Kaligrafi serta Karya tulis ilmiah Al-Qur’an.

“Mari kita sama- sama berdoa kepada Allah SWT, mudah- mudahan untuk tahun ini setelah 10 tahun penantian panjang, mudah-mudahan dengan tekad, ikhtiar, dan niat luar biasa dari berbagai pihak, Jawa Barat bisa dapat prestasi memuaskan, mudah-mudahan bisa menjadi Juara Umum,” ucap Dewi. (rls/Dede Jaenudin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *