Serikat Pekerja Pribumi (SPP) PT.Asietex Sinar Indopratama Sepakat Masalah Pembayaran Upah dengan Perusahaan

by

Serikat Pekerja Pribumi (SPP) PT. Asietex Sinar Indopratama  Sepakat masalah Pembayaran Upah dengan Perusahaan

Beritajabar.net-Viral pemberitan dimedsos ,  salah satu buruh yang mengatasnamakan PimpinanTingkat Perusaha Serikat Buruh Garmen Tekstil dan Sepatu-Gabungan Serikat Buruh Indonesia (PTP SBGTS-GSBI)PT Asietex Sinar Indopratama atas persoalan Upah yang dibayarkan oleh perusahaan kepada para buruh yang mana perusahaan lima tahun melakukan pembayaran upah terhadap buruhnya di bawah upah minimum kabupaten tanpa kesepakatan.

 

“Dengan adanya berita  tersebut, ketua SPP ( Serikat Pekerja Pribumi ) PT . Asietex Sinar Indopratama mengintruksikan kepada sekertaris untuk mempublikasikan ke media baik online maupun cetak tentang hasil kesepakatan bersama antara perusahaan dengan pekerja . Sebagai bukti bahwa Serikat Pekerja Pribumi (SPP) telah sepakat dengan Upah yang diberikan perusahaan melalui musyawarah mufakat bersama.

 

Setelah melewati mediasi yang , akhirnya manajemen perusahaan Tekstil PT.Asietex Sinar Indopratama yang beralamat di Jl Interchange Cikampek , Dawuan Tengah Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang,  menyetujui dan  bersepakat antara Serikat Pekerja Pribumi ( SPP ) mewakili seluruh anggota dalam hal ini pekerja  dengan PT.Asietex Sinar Indopratama terkait upah dalam hal perselisihan hak  atas persoalan Upah yang dibayarkan oleh perusahaan kepada para buruh PT Asietex Sinar Indopratama yang mana perusahaan lima tahun melakukan kesepakatan pembayaran upah terhadap buruhnya di bawah upah minimuma Kabupaten.

Melalui pesan WhatsApp pukul (12.07) tertanggal 1 mei 2021 surat hasil kesepakatan perundingan antara SPP ( Serikat Pekerja Pribumi ) dengan perusahaan tertanggal 28 Juli 2020 yang ditujukan ke Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Jawa barat di Karawang masuk ke meja redaksi meminta  untuk di publikasikannya.

 

Pada tanggal 28 Juli 2020 Serikat Pekerja Pribumi ( SPP ) PT.Asietex Sinar Indopratama yang mewakili seluruh anggota buruh telah melayangkan surat kepada UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Propinsi Jawa barat di Karawang perihal perundingan upah tahun 2020 telah menyepakati bersama antara buruh dan perusahaan .

Menurut Asep Andriana selaku sekertaris SPP   melalui pesan WhatsApp , keputusan itu juga hasil analisis pihak perusahaan. Dengan pemberian upah tersebut .

“kita bernegosiasi dari jam 10.00 WIB, lalu diselang istirahat akhirnya berlanjut jam 14.30 WIB ada keputusan,” ungkap Asep .

Asep Andriana juga menyebut apa yang dilakukan para buruh bukan mengemis, melainkan memperjuangkan hak mereka yang harus diperjuangkan. Mereka juga mengatakan soal kondisi perusahaan keuangan. ” ujarnya

Dari hasil perundingan tersebut Serikat Pekerja Pribumi (SPP) PT.Asietex Sinar Indopratama bersepakat yakni :

1. SPP PT.Asietex Sinar Indopratama menerima dan menyepakati perundingan tersebut yang disampaikan oleh perusahaan.
2. Bahwa SPP PT.Asietex Sinar Indopratama berharap perusahaan tetap menjalankan usaha di wilayah Kabupaten Karawang .
3. SPP PT. Asietex Sinar Indopratama bersepakat tidak akan menuntut selisih upah pada perusahaan .

Bersyukur dalam acara perundingan tersebut berjalan dengan lancar. (Ahmad Zidin/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *