Mahasiswa UBP Membantu UMKM di Desa Sarimulya Kotabaru Karawang

by

Foto :(Istimewa) Mahasiswa UBP Membantu UMKM di Desa Sarimulya

Beritajabar.net-Kepedulian dan respon atas kebutuhan pendidikan tinggi masyarakat Karawang dan sekitarnya, memerlukan sumberdaya manusia yang kompeten.

Sesuai dengan Tri Dharma Pendidikan dalam pengabdian masyarakat di masa pandemi covid 19 ini UBP melaksanakan kuliah kerja nyata.

Beberapa tujuan Khusus KKN adalah
1. Membuat kajian profiling desa dan kelurahan yang memuat berbagai macam statistik desa, potensi, masalah yang dihadapi, dan lain-lain sehingga menjadi profil desa yang lengkap dengan rencana/rekomendasi pembangunan ke depan sesuai dengan agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
2. Melakukan pendampingan dan kajian ilmiah terhadap unit usaha baik UMKM, kepariwisataan, produsen/pengrajin rumahan, ataupun koperasi sehingga diharapkan kembali bangkit di masa new normal
3. Membuat kajian satu potensi desa yang dapat dikembangkan ditinjau dari berbagai sudut pandang keilmuan
4. Melaksanakan program kerja yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat di desa sasaran
5. Melatih mahasiswa dalam menulis kajian ilmiah sehingga dapat menjadi bekal ketika menyusun Tugas Akhir.

Diketahui sasaran wilayah dalam kegiatan KKN Hybrid tahun 2021 ini adalah 90 desa dan kelurahan yang tersebar di 16 kecamatan di wilayah Kabupaten Karawang.

Tim KKN Desa Sarimulya Kecamatan Kotabaru kabupaten Karawang yang terdiri dari DPL dan Mahasiswa dari Seluruh Fakultas/Prodi Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara virtual atau Online, dalam hal ini beberapa kelompok mahasiswa, Semester 6 dan semester 7 diantaranya :

Tim KKN didesa Sarimulya kecamatan Kotabaru :
Ketua : Syifa Janany Mawaddah
Wakil Ketua : Muhamad Haidar Ijlal
Anggota :
Nurul Fitriani, Ameliana Putri, Rida Kholipaturusdah, Fitri Amalia, Alim Mulyana, Fanny Permatasari, Riki Ahmad Nugraha, Ilham Lista Hamzah, Riri Reza , Muhamad Nur Hidayat, Dadan Omar Hamdani, Maria Yosefina, Hernita Stashia, Maydita
Chika Syifa, Audinansyah , Ananda Dinung, Nisa Azzahra.

Dengan pembimbing KKN ,Ibu
Dian Purwandi, S.E., M.Ak. , diharapkan mahasiswa mampu untuk menjalankan program di Desa tersebut berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

” Bersosialisasi dengan warga dan mendapat pengalaman baru dimasyarakat,”ungkapnya pada Beritajabar.net Rabu (14/7/2021).

Kemudian lebih lanjut Ia mengatakan diantaranya, membantu pihak Desa untuk menginput/mengupdate Data Prodeskel didesa Sarimulya , sosialisasi secara online dan edukasi masyarakat. tentang pengetahuan cara penggunaan, penjualan/Market-place secara E-commerce yang bertujuan untuk peningkatan penjualan Pelaku UMKM secara online/digital.

Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro. UMKM yang terdapat di desa Sarimulya salah satunya, yaitu usaha “Tahu Asin Sinar Bandung Hj. Said” yang beralamat di Gg. Cibuntu, Sarimulya, Kec. Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41374, Indonesia.

Tahu Asin Sinar Bandung Hj. Said ini pertama kali dibangun oleh Bapak Hj. Said yang pada awalnya memulai belajar membuat tahu pada tahun 1967-1968, Kemudian, pada tahun 1970, setelah menguasai pembuatan tahu dan mempunyai konsumen, Bapak Hj. Said mulai berjualan dan memproduksinya di Cikampek dengan alat yang sederhana.

Pada awalnya, hanya memproduksi 7 kg sampai dengan 10 kg per hari. Tetapi untuk saat ini, produksi tahu bisa mencapai 4 sampai 5 kwintal per hari. Tahu asin sinar Bandung ini tidak dipasarkan di pasar, hanya melayani konsumen yang datang langsung, dan baru 2 tahun ini juga, produksi tahu ini menggunakan pembakaran yang modern mengikuti perkembangan zaman, sehingga proses produksinya lebih cepat.

Salah satu yang dilaksanakan dalam KKN ini yaitu Pembinaan unit usaha/UMKM yang sudah ada atau yang berpotensi menjadi UMKM. Pada UMKM ini, untuk membantu mengenai branding dengan membuat branding pada kemasan tahu.

Mahasiswa juga mengunjungi UMKM rumahan yaitu bubur lolos ibu Mariana sudah berdiri dari tahun 1975 tetapi hanya di kelola sesuai pesanan, walaupun hanya rumahan tapi terkenal di kalangan pemerintah seperti bupati atau camat kotabaru jika ada acara rapat slalu memesan bubur lolos umkm rumahan desa sarimulya, kami membantu mencantumkan alamat rumah pada google maps untuk memudahkan untuk mencari.

“KKN tahun 2021, ini diadakan secara virtual atau online, mahasiswa tidak membuat posko, tidak membuat kegiatan yang mengundang masyarakat berkerumun, semua kegiatan,” ujarnya.

Untuk informasi lengkap Mengenai KKN dari UBP Karawang 2021, Pihak Universitas menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http://kkn.ubpkarawang.ac.id.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *