Kepala UPTD Pertanian Kotabaru Karawang Sugianto. SP Gencar Laksanakan Penyuluhan Pupuk Organik

by -1,095 views

Beritajabar.net-Bertempat di Kelompok Tani Sri Mekar 2  Desa Pangulah Baru  Kecamatan Kotabaru kabupaten Karawang penyuluh pertanian memberikan penyuluhan cara praktek pembuatan pupuk cair organik dan pestisida Hayati, Kamis (23/06/2022).

Dalam aktifitas usaha tani hortikultura, pupuk merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam kegiatan budidaya tersebut. Namun sampai saat ini masih banyak petani yang mengeluhkan kelangkaan dan mahalnya pupuk kimia di pasaran.

Kepala kepala UPTD Pertanian Kecamatan Kotabaru Karawang, Sugianto. SP ikut mendampingi kegiatan tersebut mengatakan bahwa petani yang menginginkan cara praktis dan tidak banyak membuang tenaga, semakin memicu penggunaan pupuk kimia secara berlebihan dalam berusaha tani. Padahal selain merupakan pemborosan, karena tidak semua pupuk kimia yang diaplikasikan dapat terserap oleh tanaman, sisa pupuk kimia yang tertinggal dalam tanah, lambat laun akan “meracuni” tanah.” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya banyak sekali keuntungan budidaya pertanian secara organik ini, selain bisa menekan biaya produksi, juga dapat mempertahankan tingkat kesuburan dan daya dukung lahan.

Diketahui struktur tanah akan terus diperbaharui dengan penggunaan bahan-bahan organik dalam kegiatan usaha tani. Disamping itu produk yang dihasilkan juga merupakan produk pertanian organik yang benar-benar aman untuk dikonsumsi karena faktor kemanan pangan.

Lebih lanjut ia mengatakan,kini sudah menjadi tuntutan dari para konsumen di seluruh dunia. Dari aspek pasca panen, produk pertanian organik juga memilki daya simpan yang lebih lama dibandingkan dengan produk non organik, ini sangat berpengaruh terhadap pemasaran hasil pertanian, karena produk yang lebih tahan disimpan, tentu akan menjadi pilihan utama bagi para konsumen.

Upaya untuk memasyarakatkan pola pertanian organik ini sebenarnya sudah lama dilakukan oleh para penyuluh pertanian, termasuk para penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Karawang.

“Mereka tidak sekedar menganjurkan kepada petani untuk menggunakan bahan-bahan organik dalam kegiatan usaha tani, namun mereka juga telah mempraktekkan sendiri penggunaan bahan organik tersebut melalui demplot atau lahan percontohan di wilayah kerja mereka masing-masing,”ujarnya.

Dia juga menegaskan dengan cara seperti ini, akan menjadi lebih mudah meyakinkan para petani, bahwa bertani secara organic itu jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan pola yang diterapkan oleh para petani selama ini yaitu dengan menggunakan pupuk dan bahan kimia secara berlebihan.

Sementara Ketua Kelompok Tani Sri Mekar 2 Desa Pangulah Baru Kecamatan Kotabaru  Ujang Anwar,menyampaikan terimakasih banyak pada pihak UPTD Pertanian Kecamatan Kotabaru dan para penyuluh yang telah memberikan edukasi tata cara membuat pupuk organik Hayati.

“Saya atas nama para petani ucapkan banyak terima kasih pada pihak UPTD Pertanian Kotabaru yang telah memberikan edukasi tata cara membuat pupuk organik bagi para petani. Sehingga para petani mengenal cara pengolahan pupuk organik,”katanya.

(Ahmad Zidin/Red).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *