Program Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) Akan Meningkatkan Produksi Pertanian, Ketersediaan Pasokan Air ke Areal Pertanian

by -1,493 views

Foto : Program Infrastruktur Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) Akan Meningkatkan Produksi Pertanian di Wilayah Kecamatan Jatisari Karawang

Beritajabar.net- Program Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT,)berfungsi sebagai prasarana pelayanan air irigasi dalam petak tersier yang terdiri dari saluran tersier, saluran kwarter dan saluran pembuang, boks tersier, boks kwarter, serta bangunan pelengkapnya pada jaringan irigasi. JITUT untuk memperlancar pasokan air bagi areal pertanian.

Menurut Luluk Risa Putri Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jatisari Karawang Jabar, bahwa Program JITUT (Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani) yang dicanangkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang bertujuan memberi manfaat bagi petani, karena dapat memperlancar aliran debit air sehingga mempercepat pengairan areal pertanian. Hal ini tidak lepas dari sentralnya peran air terhadap keberlangsungan dunia pertanian.

“JITUT memberikan manfaat bagi kelangsungan pendukung program ketahanan pangan. Sehingga areal pertanian lebih produktif. Karena tersedianya pasokan air ke areal pertanian,”ungkapnya, Selasa (14/6/2022) saat dihubungi Media Online Beritajabar.net.

Dikatakannya, melalui program JITUT akan meningkatkan perluasan areal tanam, indek pertanaman serta membangun rasa memiliki terhadap jaringan irigasi yang telah dibangun.

“JITUT akan mempermudah para petani mendapatkan pasokan air. Sehingga, tingkat produksi tanaman padi dapat meningkatkan di Kecamatan Jatisari, terutama di Desa Mekarsari dan Desa Pacing,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jatisari pembangunan JITUT mengedepankan aspek kualitas dan kuantitas fisik bangunan.

“Insya Allah, pengerjaan JITUT baik di Desa Mekarsari dan Desa Pacing, sesuai dengan bestek bangunan, dengan mengedepankan Kualitas dan kuantitas fisik bangunan,”pungkasnya (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *