Warga Desa Mekarsari Kecamatan Jatisari Karawang Minta Saluran Drainase Jalan Raya Jatisari Pantura Segera Diperbaiki

by -1,015 views

Karawang-Salah seorang warga Karajan I RT 02/02 Desa Mekarsari,Guru Susi Susilawati meminta pada pihak Pemerintah Kabupaten Karawang agar segera melakukan perbaikan saluran drainase di ruas Jalur Jalan Raya Jatisari Pantura.

Pasalnya, pada saat musim hujan, kondisi rumah beberapa warga tergenang air akibat luapan air hujan. Sementara saluran drainase tidak dapat menampung debit air. Sebab entesitas hujan beberapa hari cukup tinggi.

“Ya saya sebagai warga Desa Mekarsari meminta pada pihak Pemdes Mekarsari agar pro aktif. Terkait terjadi pendangkalan drainase dan tersumbat saluran drainase. Sebab jika tidak lakukan perbaikan. Maka setiap musim hujan rumah warga akan tergenang air.”ungkapnya pada beritajabar.net, Senin (12/12/2022).

Dikatakan Susi Susilawati, pada saat hujan terus menerus, air dari saluran drainase masuk ke halaman rumah bahkan masuk ke dalam rumah seperti dapur dan kamar tidur.

“Selain air, banyak sampah juga masuk ke dalam rumah. Layaknya banjir dadakan. Bukan rumah saya saja para tetangga pun mengalami hal yang sama,”ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Desa Mekarsari,Dede Gusnul Yakin menjelaskan bahwa terjadinya luapan air hujan tinggi. Akibat saluran air terjadi pendangkalan yang sudah lama. Untuk mencegah terjadinya kembali luapan air. Maka diperlukan perbaikan saluran air drainase sepanjang ruas Jalan Raya Jatisari tepatnya di depan RSKP Karawang.

“Diperkirakan volume saluran drainase sekitar 200 meter yang perlu segera dilakukan perbaikan. Insya Allah dalam waktu dekat akan diajukan ke Pemkab Karawang melalui Dinas PUPR Karawang .Sebab emergency kondisinya,”ungkapnya pada beritajabar.net, Minggu (11/12/2022).

Dikatakan Kades Mekarsari, pemerintahan Desa Mekarsari akan terus berupaya agar di wilayah Desa Mekarsari tidak terjadi lagi luapan air akibat intensitas curah hujan tinggi.

“Kedepannya, Pemdes Mekarsari secara bertahap akan terus berupaya agar wilayah Desa Mekarsari bebas banjir dadakan akibat curah hujan tinggi,”katanya.

Kades Dede Gusnul Yakin meminta kepada warga yang tergenang air hujan. Supaya bersabar. Karena kondisi bulan Desember sudah memasuki musim penghujan.(Dede Jaenudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *