Makom Prabu Darma Purbawisesa, Gunung Paniis, Gulempang, Cipeu’eut Darmaraja

by -3,045 views

Sumedang-Konon dikisahkan kawasan tempat ini termasuk wiwitan KEPERBUAN (Keprabuan) tempat penobatan para raja dinusantara. situs diduga obyek cagar budaya ini berlokasi dikecamatan Darmaraja.

Dengan cerita rakyat dari sumber warga, Peziarah, CECE (52), Menjelaskan, bahwa disinilah penobatan seluruh Prabu atau raja se-nusantara, sebelum upacara pengangkatan resmi dikeraton. Ungkapnya. Minggu, Sumedang. (10/04)

“Tempat ini merupakan makom, bukan makam, atau petilasan sipat nya sementara, menurut legenda para trah putra mahkota sebelum menjadi Prabu dan Raja di nusantara ini, secara seremonial di upacara adatkan untuk diangkat jadi pemimpin disalah satu kerajaan, beliau – beliau itu dinobatkan terlebih dahulu ditempat ini”

Penobatan dilakukan oleh Eyang Maha Prabu Darma Purbawisesa dan sesepuh lainnya, diantaranya ada sosok wanita, dengan gelar nama yaitu  Trah wisesa dan Ratu Galuh (Purwa).

Huallah Bisawab Allah Yang Maha Benar dan tahu segalanya, benar tidaknya, ketiganya merupakan keturunan Nabi Nuh As.

Terlepas dari itu, posisi diduga obyek situs cagar budaya berlokasi di kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Tentu harus kita jaga ke aslian dari orang yang tak bertanggungjawab menyalahgunakan ya. (DMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *