Komplek Makom Gunung Cisoka, Bukan Hanya Satu Diduga Obyek Situs Cagar Budaya

by -637 views

Sumedang-Dari nama saja jelas gunung Cisoka. Dapat ditebak bahwa dengan sebutan itu diareal itu terdapat makom Eyang Sokawayana/Sakawayana dan banyak lagi diduga obyek situs cagar budaya serta ada juga petilasan dipaling atas.

Kuncen Cisoka, Abah Endin, Menjelaskan, perempatan ini salah satunya Makon Eyang Sokawayana adik dari Prabu Tajimalela, di atas ada pula petilasan mbah sapujagat, kemungkinan merupakan muridnya juga. Terangnya, Sumedang. (14/04)

“Ada Eyang Sokawayana, di atas sana ada mbah Sapujagat, kemungkinan masih murid beliau, masih banyak lagi yang belum teridentifikasi”

Masih kata Abah Endin, Pelestarian atau ngamumule tentu perlu dilakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap sejarah dan para pelakunya yaitu leluhur kita, terutama, kita bisa ambil hikmah dari itu semua diantaranya tafakur dan Mawas Diri.

“ngamumule hal wajar, Kebiasaan seperti merawat diri mulai dari rohani dan jasmani, adapun terkait leluhur dan sejarah, dasarnya disadari atau tidak, dalam gen kita ada tetesan darah para sepuh terdahulu, maka ada istilah jangan lupa purwadaksi/asal muasalnya, tidak sekonyong konyong ada nenek kakek kita”

jika kita tahu siapa diri ini, tentu akan kaget sebab ternyata kita bukan siapa siapa dan tidak perlu ada yang di egokan dengan kesombongan.

Dengan peninggalan para sepuh semua, menjaga melestarikan itu, merupakan adat Istiadat dan budaya, terlepas bagaimana ceritanya sejarah dahulu mari kita lengkapi dengan bersama, perbedaan pasti ada namun jangan sampai kerukunan terbagi bagi. Tutupnya(DMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *