Merdeka Belajar Jadi Tema Sentral Hardiknas 2023

by -447 views

Sumedang-Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang merupakan hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Dalam memperingati Hardiknas Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sumedang menggelar Upacara Bendera Peringatan Hardiknas Tingkat Kabupaten Sumedang di Lapangan Upacara PPS, Selasa (2/5).

Dengan Tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdek Belajar”, upacara diikuti oleh insan pendidikan di Kabupaten Sumedang, termasuk kalangan kalangan pelajar.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat memimpin upacara menyebutkan, tujuan bernegara adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus bahu-membahu mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

“Pendidikan yang bisa mencerdaskan anak bangsa, terutama dalam pendidikan akhlak dan budi pekerti,” kata Bupati.

Ditambahkan Bupati, bangsa yang unggul adalah bangsa yang memiliki SDM yang tinggi.

“Untuk itulah setiap tempat adalah tempat belajar. Setiap orang adalah guru bagi kita dan alam sekitar ini adalah media pembelajaran. Itulah pembelajaran yang bisa diambil dari Ki Hajar Dewantara,” tuturnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada keluarga besar pendidikan Kabupaten Sumedang yang terus menorehkan prestasi bagi Kabupaten Sumedang, baik secara kolektif maupun perorangan.

“Alhamdulillah pendidikan di Kabupaten Sumedang memiliki banyak prestasi. Saya bangga atas keberhasilan Sumedang menjadi kabupaten dengan Guru Penggerak terbanyak, Sekolah Penggerak dan Pengajar Praktik terbanyak di Jawa Barat,” tuturnya.

Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan Sumedang semakin berkualitas.

“Terbukti Indeks Pembangunan Manusia di bidang pendidikan semakin meningkat,” pungkas Bupati.(DMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *