MEWUJUDKAN DESA CILEWO SEBAGAI DESA YANG RAMAH LINGKUNGAN MELALUI PENYEDIAAN TEMPAT SAMPAH DAN PENANAMAN BIBIT POHON

by -936 views

Karawang -Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengambil langkah maju dalam upaya mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan bersih dengan mengimplementasikan program “Desa Ramah Lingkungan” di Desa Cilewo melalui penyediaan tempat sampah dan bibit pohon.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian dan penghijauan lingkungan di Desa Cilewo.

Salah satu langkah kongkrit yang diambil mahasiswa KKN guna mewujudkan desa yang ramah lingkungan yaitu melalui penyediaan tempat sampah yang memadai di lingkungan desa.

Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan masyarakat lebih mudah untuk membuang sampah dengan benar dan mengurangi pembuangan  sampah sembarangan yang dapat merusak lingkungan.

Selain itu, dalam upaya melestarikan lingkungan mahasiswa KKN UBP mengadakan program kerja  penanaman bibit pohon di lingkungan desa guna melestarikan lingkungan dan meningkatkan penghijauan di Desa Cilewo. Melalui penyerahan dan penanaman bibit pohon kepada pihak desa.

Mahasiswa KKN UBP berharap dengan adanya program ini membuat masyarakat tambah peduli terhadap lingkungan sekitar untuk mewujudkan desa yang ramah lingkungan dan juga sehat.

Dalam penyediaan tempat sampah dan penanaman bibit pohon, Karyum Sutarya selaku ketua kelompok KKN menuturkan bahwa program kerja ini merupakan program kerja yang berkelanjutan guna membangun lingkungan desa yang aman, nyaman dan asri.

“Penyediaan tempat sampah ini didistribusikan di lima titik, yaitu di sekolah, masjid, dan kantor desa. Adapun penanaman bibit pohon, dilaksanakan di beberapa lokasi dan juga penyerahan langsung ke masyarakat sekitar”ungkapnya.

Kepala Desa Cilewo mengatakan, kehadiran para mahasiswa KKN sudah sangat membantu keamanan dan kenyamanan lingkungan di Desa Cilewo

“Kami mengapresiasi program-program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN, program tersebut dapat memberi kebermanfaatan terhadap masyarakat desa terutama dalam permasalahan lingkungan, kami menghaturkan terima kasih atas kontribusi selama satu bulan ini”ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan  ini merupakan wujud pengabdian mahasiswa KKN UBP dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, program ini sebagai laporan kegiatan mahasiswa yang dapat dilihat dalam kkn.ubpkarawang.ac.id.(red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *