Wabup Erwan: Peringatan Haul Bentuk Hormat dan Syukur

by -750 views

Sumedang-Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, SE menyebut peringatan Haul merupakan bentuk hormat dan rasa syukur kepada para pendahulu yang telah banyak jasanya.

Demikian disampaikan Wabup Erwan saat menghadiri peringatan Haul Kasepuhan Sumedang dan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di Pondok Pesantren Al Hikamusalafiyah Kecamatan Tanjungkerta, Senin (7/7/2023).

“Peringatan haul adalah wujud hormat kita kepada para leluhur Sumedang,” ujar Wabup Erwan.

Wabup menuturkan, haul hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial semaya, tetapi bagaimana meneladani dan meneruskan perjuangan para leluhur Sumedang oleh generasi mendatang.

“Hendaknya acara haul ini tidak hanya sekedar seremonial, tetapi dapat diambil hikmahnya sebagai suri tauladan bagi kita semua dan lebih jauh menjadi berkah untuk Kabupaten Sumedang dan warga masyarakatnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Jatman Sumedang, Kiai Asep Munawar menyampaikan, kegiatan Haul Kasepuhan Sumedang dilaksanakan selama dua hari dari Ahad-Senin (6-7/8) dengan di puncak acaranya dihadiri oleh Rais Jatman Aliyah Maulana Habib Muhammad  Luthfi bin Yahya.

“Dua hari itu diisi dengan pembacaan Al-Quran, Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jiilani RA, tahlil untuk kasepuhan di Sumedang, pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW. Dilanjutkan mauizoh hasanah dan bai’at thoriqoh,” katanya.

Ia menambahkan, ada banyak tokoh yang akan diperingati haulnya dalam kegiatan tersebut yang jumlahnya hampir dua ratusan.

“Yang dihauli tokoh-tokoh yang ada di Sumedang. Mulai pahlawan nasional, raja-raja Sumedang, tokoh-tokoh pemuka agama, para ulama, dan tokoh masyarakat,” kata Kiai Asep. (DMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *