Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2023 Kabupaten Sumedang Secara Virtual

by -84 views

Sumedang– Bertempat di Pendopo IPP Jl. Prabu Gajah Agung No. 9 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara. Kabupaten Sumedang dilaksanakan kegiatan Deklarasi Damai Pemilu tahun 2023 Kabupaten Sumedang secara virtual.

Kegiatan tersebut dipimpim Oleh, KASAD Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E.,M.Si. Dan dihadiri oleh Dandim /0610 Sumedang Letkol Kav. Christian Gordon Rambu, M.Si,(Han) Dan Unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Wakil Ketua I DPRD Sumedang Sdr. Asep kurnia SH.MH.

Danyon R 301/Pks diwakili pasi intel Lettu. Inf. Mochmad isro , Dansub denpom Kapten.Cpm. Supriadi, Pasi Intel Kodim 0610/Smd Lettu Inf. Nanang koswara, Pasi Ter Dim 0610/Smd Kapten .Inf. Wawan, Dan unit intel Dim 0610/Smd Lettda .inf. Sutisna, Para asisten, para staf ahli , Kepala badan kesbangpol Drs. Asep Tatang Sujana M.Si., Ketua KPU Kab. Sumedang Sdr. Ogi ahmad Fauzi . S.IP., M.Si, Ketua Bawaslu sumedang diwakili Sdr. Ryan saefulrakhman , para ketua partai politik peserta pemilu 2024, Muslimah NU, LSM, Toga, Tomas , mahasiswa, dan peguyuban adat.

Dalam Sambutannya Dandim 0610/Smd mengatakan bahwa dalam beberapa bulan kedepan kita akan melaksanakan pemilu , pilkada dan pilpres yakni pada tahun 2024.

“Kami dari kodim 0610/sumedang telah menetapkan aturan yang harus di ikuti oleh seluruh prajurit selama berlangsungnya tahapan pemilu 2024 sampai dengan puncaknya nanti,” Ucap Dandim.

Lanjut Dandim, akan maksimalkan semua personel yang diminta untuk menjaga dan mengawal pelaksanaan pesta demokrasi ini. Dan Kami tekankan bahwa TNI netral. Jangan ragukan untuk pelaksanaan di lapangan.

“Kami menyadari bahwa penyelenggaraan pemilu bukan hal yang mudah ,harus ada kolaborasi antara seluruh stakeholder dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu. Sehingga harus ada komitmen dari seluruh stakeholder dan unsur untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewujudkan pemilu yang aman , damai dan kondusif.,”Tegas Dandim

Lebih lanjut dikatakan damai dalam pemilu ,damai harus dimaknai dengan keberagaman yang ada sebagai wadah yang justru itu semua bisa menyatukan , jangan berikan ruang waktu dan tempat pada oknum yang tidak menginginkan pemilu yang aman dan damai.

“Dengan berbagai perbedaan yang ada, kami berharap itu tidak menjadi alasan menjadi bibit timbulnya perpercahan, melainkan sebaliknya itulah yang menjadi pemersatu kita. Pemilu yang damai, tertib dan berintregitas merupakan slogan yang harus di gaungkan dan di sosialisasikan kepada seluruh masyarakat kabupaten Sumedang , sehingga bisa tertanam di hati dan jiwanya. Semoga pemilu 2024 bisa berjalan aman kondusif sesuai dengan harapan kita semua,”ungkapnya.

Unsur TNI РPOLRI prediksi ancaman pemilu kedepan jadi  waspadai penyusup dari luar yg membuat berita HOAX .

“Kami sampaikan dari pihak keamanan semuanya senang dalam demokrasi pemilu ini jangan ada sara, kita semua sama,”pungkas Dandim

Adapun Pembacaan Deklarasi Damai pemilu 2024 kabupaten sumedang oleh ketua KPU Kabupaten Sumedang. TNI Polri, ASN, penyelenggara pemilu, parpol, ormas dan seluruh elemen bangsa menyatakan dan berkomitmen untuk :

1). Akan melaksanakan pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.
2). Akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum yang berlaku
3). Menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024.
4). Akan menciptakan situasi dan kondisi Tetap kondusif di wilayah kabupaten sumedang. (DMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *