SMAN 1 Cikampek Panen Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Siswa-Siswa Tahun Ketiga

by -119 views

Karawang- Hari ini, SMAN 1 Cikampek menyelenggarakan empat kegiatan sekaligus, dipimpin oleh Kepala SMAN 1 Cikampek, Drs H. Agus Setiawan, M.Pd.

Kegiatan pertama adalah panen karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila untuk siswa-siswa tahun ketiga.

Sebagai sekolah penggerak angkatan pertama, setiap tahun SMAN 1 Cikampek melaksanakan panen karya dengan berbeda tema.

Kegiatan kedua adalah deklarasi siswa anti-bullying dan sekolah ramah anak. Melalui deklarasi anti-bullying, sekolah menolak segala bentuk kekerasan dan praktek bullying.

SMAN 1 Cikampek membentuk agen perubahan dan agen anti-bullying yang berasal dari siswa.

Selanjutnya, kegiatan ketiga adalah peluncuran majalah “Gala Cita,” yang merupakan karya kolaboratif antara guru dan siswa SMAN 1 Cikampek. Peluncuran perdana majalah ini menjadi wadah kreativitas bagi guru dan siswa.

Kegiatan keempat mencakup peresmian gedung baru yang didukung oleh dana alokasi khusus pemerintah. Rehabilitasi ruang kelas, perpustakaan, ruang biologi dan fisika, serta pembangunan ruang guru dan ruang BK di lantai 2 dilaksanakan secara vertikal. Output pembangunan melebihi target, memberikan kontribusi 6 ruangan baru.

Sementara itu, Tim Satgas Anti-Bullying bertanggung jawab untuk mencegah dan mendidik rekan-rekan mereka.

“Setelah menjalani pelatihan selama satu bulan, mereka menjadi agen perubahan yang mengedukasi teman-teman mereka mengenai bahaya bullying. Mereka juga memiliki mekanisme pelaporan untuk menangani tindakan bullying,” ujar Agus, Selasa 19 Desember 2023.

Sementara untuk Majalah direncanakan terbit setiap tiga bulan, dengan kontribusi tulisan dari guru dan siswa.

Kepala Sekolah, Drs H. Agus Setiawan, M.Pd, menyatakan kesiapan untuk beriklan dalam penerbitan mendatang dan saat ini tengah mengurus ISBN-nya.

Di sisi lain, SMAN 1 Cikampek terus meraih berbagai prestasi, menunjukkan bahwa sekolah ini konsisten dalam pengembangan mutu pendidikan.

Baik siswa maupun guru secara rutin meraih prestasi, seperti yang baru-baru ini diraih oleh Bu Nunuy yang terpilih sebagai guru inspirator literasi tingkat provinsi Jawa Barat. Siswa juga terpilih sebagai duta baca kabupaten Karawang.

Kepala Sekolah menyampaikan bahwa prestasi ini sejalan dengan fokus sekolah untuk meningkatkan literasi dan numerasi.

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui literasi menjadi prioritas yang sesuai dengan misi Kementerian Pendidikan Nasional. (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *