Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Jatisari Karawang Sosialisasi Netralitas ASN Pemilu 2024

by -125 views

Karawang– Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Jatisari Soleh Mansyur,S.Pd sosialisasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di  lingkungan pendidikan di Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang . Sosialisasi netralitas ASN harus dilakukan, karena ASN adalah abdi negara yang netral di Pemilu 2024.

Netralitas ASN dilingkungan pendidikan perlu diingatkan. Pasalnya, ASN tidak boleh mendukung atau menguntungkan salah satu parpol peserta Pemilu 2024.

Untuk menjaga netralitas ASN di Pemilu 2024, Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang di SDN Pacing 2 Kecamatan Jatisari, Selasa (23/1/2024).

Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Jatisari, Soleh Mansyur menyampaikan bahwa ASN dilingkungan pendidikan perlu diingatkan agar netral di Pemilu 2024. Sehingga ASN tidak mendukung salah satu parpol peserta pemilu 2024 atau mendukung salah satu Capres-cawapres RI.

“Panwaslu Kecamatan Jatisari terus gencar lakukan sosialisasi Netralitas ASN di Pemilu 2024. Sebagai pencegahan agar ASN dilingkungan pendidikan tidak melanggar Undang-undang Pemilu 2024 karena sanksinya berat, bisa dipidana dan denda administrasi,”ujarnya pada Media Online beritajabar.net, Selasa (23/1/2024) melalui ponsel pribadinya.

Dikatakan Soleh Makmur, ASN itu sebagai abdi negara posisinya di Pemilu 2024 harus Netral tidak memihak. Pasalnya, ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat.

Pelanggaran atas ketentuan tersebut dikenakan sanksi pidana paling lama 6 (enam) bulan penjara dan denda paling banyak 6 juta sebagaimana disebutkan dalam Pasal 188. “3 UU tersebut mengatur norma bahwa ASN harus netral.

“Pokoknya ASN baik dilingkungan Pendidikan dan pemerintahan harus netral di Pemilu 2024, jika tidak ingin kena sanksi pidana dan disiplin, sehingga netralitas ASN dijaga tidak memihak  pada parpol atau caleg peserta pemilu, “pungkasnya (Dede Jaenudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *