Camat Pebayuran Menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023

by -278 views

Kabupaten Bekasi– Memperingati Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023, Camat Pebayuran, Hasyim Adnan Adha, mengajak generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menumbuhkembangkan kreativitas dengan peran serta fungsi masing-masing untuk berkontribusi pada pembangunan daerah di Kabupaten Bekasi maupun negara.

Hal ini disampaikan Camat Pebayuran saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023, yang diselenggarakan di Halaman SMKN 1 Pebayuran, Desa Sumberurip pada Selasa, (19/12/2023).

“Harapan saya para pemuda bisa ikut andil dalam bela negara dengan caranya sendiri. Dalam hal ini untuk para pemuda, bagaimana mereka bisa memberikan kontribusi dengan pengembangan kreativitas serta meningkatkan nasionalisme dan semangat patriotisme kepada negara maupun daerah di era digital saat ini,” ujarnya.

Pada peringatan Hari Bela Negara tahun ini, sambungnya, mengusung tema Kobarkan Semangat Untuk Indonesia Maju. Tema ini dinilai sangat strategis sebagai panggilan untuk bersatu dan berkontribusi positif dalam rangka mencapai Indonesia maju.

“Intinya Hari Bela Negara hendaknya tidak hanya sekedar dirayakan sebagai sebuah hari peringatan saja. Namun harus jadi momentum untuk komitmen bersama dalam mengobarkan semangat bela negara guna mewujudkan Indonesia emas tahun 2045,” sambungnya.

Dengan demikian, kata dia, semangat bela negara seharusnya menjadi sebuah keniscayaan bagi seluruh komponen bangsa untuk melakukan upaya bersama dalam mendukung pertahanan negara sesuai peran dan fungsinya masing-masing. Sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang no 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

“Sejalan dengan pernyataan Jenderal Sudirman bahwa Negara Republik Indonesia bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan milik suatu golongan adat istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke. Maka Indonesia adalah milik seluruh rakyat tanpa terkecuali, sehingga tumbuh kembangnya negara ini menjadi tanggung jawab bersama,” jelasnya.

Menurutnya, Bela negara menjadi hak dan kewajiban konstitusional bagi segenap warga negara Indonesia.

“Terus kobarkan semangat bela negara kalian dengan mengimplementasikan nilai dasar bela negara dalam setiap langkah dan tindakan untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi negara maju, berdaulat, adil dan makmur,” tutupnya.

Pada upacara ini dihadiri oleh Unsur Muspika Kecamatan Pebayuran, Danramil Pebayuran, Polsek Pebayuran, Puskesmas, Kwarran Pebayuran, FPRB, Aparatur Desa, PGRI Pebayuran, TKSK, siswa-siswi serta unsur terkait lainnya yang hadir didalamnya.(Aldi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *