Peringatan Hari Bela Negara Ke-75, Sekda Kabupaten Bekasi

by -219 views

Kabupaten Bekasi- Pemerintahan Kabupaten Bekasi menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023, sekda kab Bekasi ajak masyarakat berkontribusi wujudkan Indonesia Emas 2045 di Plaza Pemkab Cikarang Pusat, pada Selasa (19/12/2023).

Apel yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi ini dihadiri para pejabat di lingkungan Pemkab Bekasi, TNI-Polri, legiun veteran, organisasi kepemudaan, pelajar dan mahasiswa serta unsur masyarakat lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menyampaikan, momentum Peringatan Hari Bela Negara yang bertajuk Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju ini menjadi pengingat kepada masyarakat untuk membela negara sesuai dengan perannya. Sekaligus upaya mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045.

“Sekecil apapun aksi nyata Bela Negara, yang dilandasi kecintaan terhadap tanah air, tentu akan berdampak besar terhadap kejayaan bangsa dan negara,” ungkapnya saat menyampaikan amanat Menteri Pertahanan RI di hadapan peserta Apel.

Melihat perkembangan secara global, nasional, maupun regional, sambungnya, menjadi satu tantangan yang sulit diprediksi. Hal ini perlu disikapi oleh masyarakat dengan baik.

“Adanya pelibatan perspektif non militer dan elemen bangsa, yang menjadi unsur pertahanan negara yang memiliki semangat Bela Negara, diharapkan mampu jadi kunci keberhasilan dalam menghadapi ancaman yang mengganggu stabilitas nasional,” tuturnya.

Menurutnya Bela Negara menjadi sebuah hal yang wajib bagi seluruh komponen bangsa. Sesuai peran dan fungsi masing-masing sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumberdaya nasional untuk pertahanan negara.

“Ini sejalan dengan pernyataan Jenderal Sudirman bahwa Negara Republik Indonesia, bukan milik suatu golongan, agama, suku, adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke, Indonesia milik seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya.

Dia mengajak kepada seluruh Warga Kabupaten Bekasi untuk terus mengamalkan nilai-nilai Bela Negara dalam berbagai tindakan demi terciptanya Indonesia menjadi negara maju, berdaulat adil dan makmur.(Aldi/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *