Abdul Gofur Pendamping Kecamatan Jatisari Karawang Ajak Sukseskan Program SDGs Desa

by -245 views

Beritajabar.net-Program SDGs (Sustainable Development Goals disingkat SDGs) Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan.

Perekonomian dipedesaan secara ekonomi menjadi Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

“Program SDGs Desa di Kecamatan Jatisari harus sukses dan segera dilaksanakan. Sebab program SDGs Desa merupakan program nasional dari Pemerintah Pusat,”ungkap Abdul Gofur Pendamping Kecamatan Jatisari Karawang pada Beritajabar.net,Senin, (24/5/2021) melaui handphone pribadinya.

Dikatakan Abdul Gofur, program SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021″ujarnya.

Abdul Gofur juga menjelaskan bahwa tujuan dan sasaran SDGs Desa secara konstitusi merujuk pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut.

“Desa tanpa kemiskinan,tanpa kelaparan, Desa Sehat dan sejahtera,
Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan,pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, inovasi dan infrastruktur desa, Desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa, Ekosistem daratan desa, Desa damai dan berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif,”ungkapnya.

Selain itu, Kata Abdul Gofur, upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, sebab itulah penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional.

“Program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa. Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19,”pungkasnya (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *