Jurnalis Karawang Silaturahmi dengan Panwaslu Tirtamulya, Fokus Pemilu Damai

by -60 views

Karawang-Menjelang Pemilihan Umum 2024, jurnalis dari Karawang melakukan silaturahmi ke kantor sekretariat Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tirtamulya pada Senin, 12 Februari 2024.

Pertemuan antara jurnalis dan Ketua Panwaslu Kecamatan Tirtamulya, Suradhi Sotan Sobari, S.T., membahas tentang persiapan pemilu, sinergitas, dan upaya menjaga netralitas.

Suradhi Sotan Sobari berharap agar pemilu 2024 di wilayah Tirtamulya dapat berlangsung sesuai dengan tema pemilu damai.

“Kami selaku pengawas di kecamatan berpesan kepada semua pejabat dan aparat sipil negara, maupun aparatur desa, agar dapat menjaga netralitas,” ungkap Suradhi.

Suradhi menjelaskan bahwa pelanggaran netralitas oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau aparat desa dapat berakibat hukuman sesuai Pasal 280 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dengan pidana maksimal 1 tahun penjara dan denda Rp12 juta.

Kekhawatiran terkait desa yang rawan banjir juga menjadi perhatian Panwaslu Tirtamulya. Meskipun demikian, mereka tetap berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara Pemimpin Redaksi (Pemred) Beritajabar.net yang ikut hadir pada silaturahmi, Dede Jaenudin, S.I.P., menyatakan bahwa pemilu merupakan pesta demokrasi yang harus dinikmati tanpa rasa takut atau terintimidasi. Ia menegaskan pentingnya menjaga kegembiraan masyarakat selama proses pemilu.

“Saya berharap kepada siapapun yang mempunyai kekuatan, baik itu instansi maupun ASN, tidak ikut terlibat secara langsung. Stop intimidasi dan campur tangan pada masyarakat,” tegas Dede.

Dalam konteks demokrasi, kata Dede berharap agar semua pihak dapat memberikan kontribusi positif tanpa menciptakan ketegangan di tengah masyarakat.

“Semoga pemilu ini bisa lebih menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang lebih baik dan amanah bagi umat,” pungkasnya.(bdg).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *